Menperin Tetap Dukung Mobil Esemka

Mobil Esemka telah dinyatakan belum lulus uji emisi oleh Kementerian Perhubungan.

 


VIVAnews - Kementerian Perindustrian menyatakan tetap akan mendukung mobil Esemka hingga lulus uji emisi. Dalam proses uji emisi beberapa waktu lalu, mobil buatan anak negeri tersebut dinyatakan tidak lulus uji emisi oleh Kementerian Perhubungan.

"Saya mendorong penuh Esemka, supaya dia menjalani testing lagi dan bisa lulus," kata Menteri Perindustrian MS Hidayat di Kementerian Perindustrian, Jakarta, Jumat 2 Maret 2012.

Hidayat menilai, tidak lulusnya uji emisi mobil Esemka bukan karena kegagalan dalam pembuatannya. Tapi, hal itu karena masih belum sempurna, sehingga diharapkan mobil buatan siswa SMK 2 Solo tersebut dapat menyempurnakan kembali untuk bisa lulus uji emisi.
"Itu bukan gagal lah, tetapi belum sempurna. Ke depannya kami mendukung pasti bisa lulus uji emisi," ujarnya.

Bahkan, ia menuturkan, jika mobil Esemka lulus uji emisi, Kementerian Perindustrian akan mengajak para investor untuk mendukung mobil buatan dalam negeri tersebut.

"Investornya akan saya ajak bicara untuk mempelajari segmen mobil yang berkapasitas 1.500 cc itu. Karena anak SMK itu ada head to head dengan industrial, bagaimana bisa memenangi proyek mobil buatan dalam negeri," kata Hidayat.

Sebelumnya, mobil Esemka dinyatakan tidak lulus uji emisi oleh Kementerian Perhubungan. Untuk itu, Wakil Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo, untuk sementara waktu tidak menggunakan Esemka sebagai mobil dinasnya.

"Untuk kendaraan dinas kelihatannya tidak, karena belum lulus uji emisi. Saya juga tidak ingin mencemari lingkungan di kota Solo, gara-gara mobil AD 1 A maupun AD 2 A polusinya menjadi naik. Ini kan tidak boleh," kata Rudy, Kamis 1 Maret 2012.

Berdasarkan Surat Keputusan AJ.402/17/6/DJPD/2012 dari Dirjen Perhubungan Darat, Esemka dinyatakan belum lulus uji emisi dan diharapkan akan kembali untuk melakukan pengujian ulang. (art)
• VIVAnews

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar