Terkaya di Dunia dari Rezeki Mobil

Mereka meraup rezeki dari saham industri otomotif dunia terkemuka.

 

Johanna Quandt bersama dua anaknya Stefan dan Susanne (Forbes)
VIVAnews - Siapakah orang terkaya di industri otomotif? Banyak yang mengira dunia otomotif itu identik dengan laki-laki. Kenyataannya, justru kaum hawa sukses menjadikan otomotif sebagai sumur kekayaannya.

Susanne Klatten menjadi wanita terkaya di dunia pada 2012 versi majalah Forbes. Wanita asal Jerman berusia 59 tahun ini memiliki saham produsen mobil premium di Jerman, BMW, dengan kekayaan bersih US$13 miliar, dan berada di posisi ke-59 sebagai orang kaya di dunia.

Susanne berprofesi sebagai ekonom mewarisi saham BMW dari almarhum ayahnya, Herbert Quandt. Herbert pernah menyelamatkan perusahaan BMW dari kebangkrutan pada dekade lalu.

Wanita lain yang juga menjadikan otomotif sebagai pundi kekayaan adalah, Johanna Quandt. Ia tidak lain adalah ibu dari Susanne Klatten. Johanna Quandt berada diperingkat 88 sebagai orang terkaya di dunia pada tahun ini, dengan kekayaan bersih US$10 miliar.

Kesuksesannya Johanna Quandt juga diikut anak laki-lakinya, yakni Stefan Quandt. Dia diketahui memiliki saham 17,4 persen di BMW. Stefan duduk di dewan pengawas perusahaan bersama dengan saudara perempuannya Susanne Klatten, yang juga miliarder.

Dengan total kekayaan US$ 11,2 miliar, Stefan berada di posisi ke-75 sebagai orang terkaya di dunia pada tahun ini.

Jika ketiganya kaya raya karena warisan sang ayah, lain cerita dengan Chung Mong-Koo. Pemilik produsen mobil terbesar di Korea Selatan, Hyundai, menjadi pria di Asia yang masuk daftar miliarder dunia, karena kepiawaiannya menjual mobil. Chung Mong-Koo berada di posisi ke-161, dengan total kekayaan US$ 6.2 milyar.

Di posisi berikutnya ditempati oleh Shahid Khan, pemilik baru Jaguar. Ia diketahui baru saja membelinya dari Wayne Weaver seharga US$770 juta, dalam kesepakatan yang ditutup pada bulan Januari. Shahid memiliki total kekayaan bersih US$2,5 miliar dan berada di peringkat ke-491.

Adapun di posisi selanjutnya diisi Elon Musk, pria lulusan Universitas Pennsylvania ini, bergabung dalam daftar milyarder di dunia setelah kenaikan harga saham 25 persen di Tesla--perusahaan mobil listrik di Amerika Serikat. Elon Musk berada di posisi ke-634 dengan total kekayaan bersih US$2 miliar.

Pengusaha otomotif asal Amerika, Thomas Friedklin, yang memiliki hak eksklusif untuk mengimpor dan mendistribusikan kendaraan Toyota di Texas, Oklahoma, Arkansas, Louisiana, dan Mississippi, berhasil menempati peringkat ke-804. Dia diketahui memiliki total kekayaan US$1,6 miliar.

Dua tingkat di bawah Friedklin, ditempati oleh Norman Braman. Pria yang dikenal gemar mengkoleksi benda-benda seni ini membeli dealer Cadillac di Tampa pada tahun 1972. Dan hari ini telah memiliki 17 dealer mobil di Florida dan Colorado, dengan total kekayaan US$ 1,6 miliar.

Terakhir adalah mantan pembalap Roger Penkse. Pria yang berusia 75 tahun ini mendirikan perusahaan Eponymous pada tahun 1969. Perusahaan tersebut mendistribusikan mesin diesel untuk General Motors. Penkse berada di posisi ke-1074, dengan total kekayaan US$1,1 miliar. (Wahyu Prasetyo|Sumber: Forbes)
• VIVAnews

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar