Mobil-mobil di Film yang Menjuarai Oscar (1)

Mobil dan film merupakan dua industri yang saling terkait.

VIVAnews - Mobil dan film, dua industri yang memiliki hubungan tak terpisahkan sepanjang sejarah. Mobil menjadi gambaran karakter tokoh di setiap film dalam satu abad terakhir.


Runaway Match menjadi film pertama yang menggunakan mobil yang pernah dibuat. Beberapa tahun kemudian, tepatnya 1912, penonton layar lebar disuguhi adegan mobil polisi yang mengejar targetnya dalam film Hollywood Hills.

Ada juga pasangan Laurel dan Hardy yang mendapat penghargaan berkat peran frustasi akibat kemacetan lalu lintas dalam film 'Two Tars'. Kemudian film mafia di tahun 1930, Dick Tracy, dan film 'The Grapes of Wrath' di mana terdapat adegan melarikan diri dengan mobil sedan di tahun 1940.

Berikut daftar-daftar mobil di film yang memenangkan Oscar versi majalah Forbes:

1. Back To The Future (1985)
Mobil DeLorean DMC-12 dalam versi film ini hadir dengan teknologi yang dilengkapi plutonium. Mobil ini juga memiliki tenaga kapasitor untuk melakukan perjalanan antar waktu, dengan menempuh kecepatan minimal 88 mph atau 142 km/jam.

DeLorean DMC-12 hadir dengan lapisan bodi alumunium, dan menggunakan sistem metode pintu gunting. DeLorean menjadi simbol dalam film ini. Film ini mendapatkan penghargaan Oscar untuk efek suara terbaik.

2. Batman (1989)
Film garapan Tim Burton ini diinterpretasikan dari seri kartun Batman, Caped Crusader yang diperankan Michael Keaton. Saat itu musuh Batman, Joker, yang diperankan oleh Jack Nicholson.

Mobil andalan Batman, Batmobile hadir dengan model yang panjang dan rendah sehingga terlihat futuristik. Film Batman ini mendapatkan anugerah Academy Award kategori Art Direction.

3. Bullitt (1968)
Di film ini, Frank Bullet, yang diperankan oleh Steve McQueen adalah polisi San Fransisco. Bullet diceritakan mengikuti jejak seorang bos mafia, dengan menyekap seorang saksi yang dilindungi oleh bos mafia tersebut.

Film ini menyuguhkan adegan kejar-kejaran mobil klasik, dimana Bullet mengendarai Ford Mustang tahun 1968, mengejar dua orang tawanan yang mengemudikan Dodge Charger tahun 1968. Bullet dianugerahi Oscar sebagai film editing terbaik.

4. The Dark Knight (2008)
Dalam film ini, Christian Bale berperan sebagai Batman. Adapun untuk musuh utama Batman, Joker, diperankan oleh Heath Ledger.

Seperti film-film Batman lainnya, kali ini penonton disuguhkan aksi  sepeda motor Batman, Batpod yang disatukan dengan Batmobile.

Batmobile dibuat sangat garang dengan diameter ban mencapai 20 inci, dan beberapa senjata rahasia yang tersemat di dalam mobil. Film ini memenangkan Oscar untuk Editing Sound dan peran terbaik untuk Ledger sebagai Joker untuk Best Supporting Actor.

5. Driving Miss Daisy (1989)
Miss Daisy yang diperankan Jessica Tandy menghabiskan waktunya untuk duduk di mobil sedan cadillac. 

Dengan makeup dan skenario situasi terbaik, film ini dianugerahi Oscar untuk Best Picture. Sedangkan Tandy dinobatkan sebagai Best Supporting Actress.

6. The French Connection (1971)
Film ini menceritakan seorang polisi yang tengah melakukan penyamaran dengan nama Popeye Doyle. Karakter Popoye diperankan oleh Gene Hackman yang mengemudikan Pontiac LeMans 1971.

Film ini memenangkan lima Academy Award, termasuk Best Picture, including Best Picture, Adapted Screenplay and Editing, Best Director yang diraih oleh William Friedkin dan Hackman untuk Best Actor.

7. Goldfinger (1964)
Film agen rahasia Inggris ini mempertunjukkan Aston Martin DB5, sebagai tunggangannya. Diperankan oleh Sean Connery, mobil sport klasik Inggris ini dilengkapi oleh senjata mulai dari senjata mesin, kursi pelontar, bom asap, jebakan oli, tameng anti peluru, plat nomor di depan dan belakang yang dapat berubah menjadi senjata.
Di film ini juga menampilkan Rolls-Royce Phantom III tahun 1937. Goldfinger berhasil meraih Best Supporting Actor untuk Aston Martin DB5 dan dianugerahi Oscar untuk Sound Effect. Bersambung....
(umi)
• VIVAnews

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar